Jumat, 03 April 2020

Yuk Berjuang Bersama Melawan Covid-19

Artikel ini dimaksudkan sebagai ajakan Kepada seluruh pembaca di mana pun berada. Untuk berjuang bersama melawan covid-19.




COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

Virus corona atau SARS-COV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 secara global saat ini telah menyebar ke sekitar 170 negara di dunia termasuk Indonesia.
COVID-19 dapat menyebar dari orang ke orang melalui percikan-percikan air liur yang di keluarkan oleh penderita COVID-19 saat sedang batuk atau mengeluarkan napas. Percikan-percikan ini kemudian jatuh ke benda dan permukaan-permukaan di sekitar. Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh ke bagian tubuh seperti mata, hidung atau mulutnya sehingga dapat terjangkit COVID-19.







.
 Data terbaru dari WHO bulan Desember 2019 hingga akhir Maret 2020 Covid -19 sudah memakan korban jiwa lebih dari 33.000 dan jumlah kasus hampir 700.000 di seluruh dunia. WHO menegaskan untuk melakukan berbagai upaya dengan tujuan utama untuk menyelamatkan nyawa manusia.


  Pemerintah Indonesia juga menegaskan untuk lakukan social distancing disertai proses belajar dan bekerja di rumah. Pembatasan aktivitas di luar rumah dan menghindari kerumunan adalah hal yang harus dilakukan. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak semakin banyak orang yang terpapar virus Corona.



Selain itu, ada Sejumlah cara yang bisa di lakukan untuk mencegah terinfeksi covid-19, 
berikut adalah cara-carannya :

1. Menjaga Imunitas  tubuh

  Imunitas adalah mekanisme tubuh manusia untuk melawan, mengusir dan memusnahkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia. Benda asing tersebut bisa berupa bakteri, virus, organ transplantasi dll dan jika ditransplantasikan ke dalam tubuh maka tubuh akan menolaknya karena benda asing tersebut dianggap bukan sebagai bagian dari jaringan tubuh. Benda asing tersebut dianggap sebagai pendatang (invader) yang harus diusir. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar imunitas tubuh kita kuat dengan cara sebagai berikut: 

-  Mengonsumsi makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna   Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh berupa karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Pada saat wabah COVID-19 ini mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan harus lebih ditingkatkan karena dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang mengganggu kerja sistem imun, Rempah-rempah seperti kunir, temulawak, bawang dan jahe juga baik untuk dikonsumsi karena kandungannya dapat menaikan sistem imun.


- Rajin Berolahraga


Olahraga juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. namun perlu di ingat berolahraga dengan konsisten setiap hari,memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang di lakukan hanya beberapa kali. Jadi, sempatkanlah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau minimal seminggu 3-4 kali. Karena  Olahraga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih sehingga dapat bersirkulasi lebih cepat . Sel darah putih merupakan sel kekebalan tubuh yang melawan berbagai penyakit.


 - Berjemur di pagi hari


berjemur di matahari bermanfaat untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karene Kandungan vitamin D dari sinar matahari yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, diantarannya seperti penyakit jantung, multiple sclerosis,flu dan beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker. Bukan tidak mungkin bila rajin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan terhindar dari virus corona covid-19.


- Mengetuk kelenjar timus

Kelenjar timus adalah organ limfoepitelial yang terletak di mediastinum, organ ini mencapai perkembangan puncaknya semasa usia muda.
Kelenjar Timus adalah suatu organ limfoid simetris bilateral yang terdiri atas dua lobus berbentuk piramid, yang terletak di bagian anterior mediastinum superior. Perkembangan timus yang maksimal dicapai kira-kira pada saat pubertas, dan timus kemudian mengalami suatu proses involusi pelahan digantikannya parenkim oleh jaringan lemak dan fibrosa yang lambat laun akan menurun fungsi imun pada masa dewasa (W.A Newman, 2010).




2. Rajin mencuci Anggota tubuh

Rajin mencuci anggota tubuh terutama tangan, Cuci tangan minimal 20 detik dengan menggunakan sabun, dan air mengalir. Langkah ini efektif membunuh kuman dan bakteri, termasuk virus corona. Cuci tangan menjadi salah satu cara mencegah penyebaran virus corona yang sangat diremondasikan, termasuk oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

3. Mengenakan Masker


upayakan untuk menggunakan masker agar tetap terlindungi dari virus. Jika kondisi Anda sehat, maka masker kain sudah cukup aman untuk dipakai.

Tapi jika kamu dalam kondisi kesehatan yang kurang baik, maka upayakan untuk menggunakan masker medis yang memiliki ketebalan 3 lapis, alias 3 ply.

4. Menghindari menyentuh area wajah, bersentuhan, dan meminjam barang-barang pribadi

Dengan menghindari kontak kulit,bersentuhan dan tidak bergantian memakai barang pribadi maka tidak ada kemungkinan perpindahan virus dan kuman yang terjadi.

5.mencuci makanan dan membersihkan barang pribadi
Selain menjaga kebersihan tubuh, kita juga harus menjaga kebersihan makanan yang akan kita santap atau disimpan di dalam lemari pendingin  dan untuk kebersihan barang pribadi seperti pakaian, peralatan, perabotan rumah jangan lupa untuk gunakan cairan desinfektan untuk membersihkannya secara teratur.

6.Physical Distancing
Menghindari kerumunan dan jaga jarak minimal 1+ meter lebih dengan orang lain. Langkah ini bisa diterapkan saat berada di ruangan atau tempat umum sehingga kamu bisa mencegah terpapar virus corona.


7. Berdo'a
Sering membaca do'a pada saat apapun, terutama untuk para medis atau petugas kesehatan, petugas keamanan, pengantar makanan yang memang harus keluar rumah



Ajakan Melawan Covid-19

Ajakan Melawan Covid-19

Kita semua pasti merasa sedih dengan adannya Covid-19 ini oleh kerena itu mulai hari ini saat ini juga ketika teman-teman membaca artikel ini,

Mari kita Berjuang bersama melawan dan menghentikan penyebaran Covid-19. Caranya adalah dengan melakukan cara-cara yang telah saya bagikan di artikel ini.

Mari bersama - sama kita menjaga keluarga,teman,sahabat dan masyarakat dengan mengikuti anjuran dan petunjuk dari Pemerintah.

Mari bersama - sama kita membuat blog, website, vlog dan media-media online lainnya untuk mengedukasi masyarakat.

Mari bersama - sama kita berjuang melawan Covid-19 hingga diperoleh vaksin dan obat penyakit Covid-19.

Mari bersama sebar luaskan Artikel ini agar bisa bermanfaat dan dapat menyelamatkan banyak orang. Penyebaran Artikel ini harus lebih cepat dan gesit dari penyebaran covid 19 itu sendiri.

Semoga Artikel ini dapat membantu banyak orang di seluruh penjuru dunia khususnya bagi masyarakat indonesia.

Salam,
Mukhtarul khoiri
(Milenial heroes)










1 komentar:

  1. Tulisan yang bagus...
    Lanjutkan terus buat karya tulisnya.
    Candra Taufik
    https://www.ctaufik.web.id

    BalasHapus